expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Sabtu, 01 Oktober 2011

TEKNOLOGI PERTANIAN

Hi , blogger aduh udah berapa lama ya ngak mampir-mampir kesini. Semua disebabkan karna keterbatasan uang saku yang membuat gue sebagai anak rantau males ke warnet . dan emang gue ngak terlalu seneng kewarnet kalo ngak butuh-butuh banget. Huehehe

Oke-oke cukup basa-basinya.... lets jump into the point.

Bismillah ,

Teknologi Pertanian , ehm fakultas yang kini menjadi salah satu saksi bisu dalam kehidupan gue dimana gue akan menuntut ilmu selama 3,5tahun kedepan (amin).
Setelah gue cerita panjang lebar tentang ospek gue yang sangat hebat itu , sekarang gue mau cerita tentang ”mengapa gue memilh jurusan ini”

Jadi sekarang gue kuliah di Universitas Brawijaya , di fakultas teknologi pertanian, jurusan teknologi hasil pertanian prodinya Ilmu dan teknologi pangan. Wuahaha ribet yah? Yaudah ngak usah dipikirin ;p

Ya, jurusan ini adalah jurusan satu-satunya yang ada di otak gue selama kurang-lebih 1tahun belakangan ini. Sebenernya gue mau bengeeet masuk psikologi apa daya psikologi IPS sedangkan gue IPA , gue ngak mau menkhianati jurusan gue ini hahahaha~

Entah mengapa gue ngerasa kalo ini adalah jurusan ”gue banget”. Walaupun banyak banget orang yang heran ketika mereka nanya ke gue “mau ambil jurusan apa?” atau “sekararang kuliah , jurusan apa?” dan gue menyebutkan jawabannya.

yaaa , emang si jurusan ini belum booming seperti dokter, tehnik, guru, kesmas, bidan, akuntan, dll. tapi percaya deh jurusan ini ngak membosankan seperti yang elo-elo pikirin.
mungkin bagi kebanyakan orang mikir kalo kuliah difakultas teknologi pertanian itu adalah pilihan terakhir karna passing gradenya kecil, kalo kalian mikir gitu kalian salah besar!
begitu pula mereka yang mikir "ngapain masuk FTP mau jadi petani bersarjana?" well , petani bersarjana itu penting loh!

bayangin aja kalo ngak ada petani, atau ngak ada orang yang mau mengelola lahan lagi. mau makan apa kita. karna kebutuhan hidup yang utama adalah pangan!
setuju? haruuuus setuju.
ilmu yang gue ambil ini sebenernya kelanjutan dari pengolahan yang dilakukan sama teman-teman di pertanian, yang akan gue kelola menjadi bahan setengah jadi atau bahan jadi.
sebenernya prospek pekerjaan di bidang ini cukup besar ,cuma pengenalan tentang ilmu ini aja yan belum meluas jadi banyak yang berfikir sebelah mata.




dan dari semua mata kuliah yang gue dapet. actualy, gue cuma seneng satu matkul yaitu pengantar ilmu dan teknologi pangan(PITP). karna dosennya banyak cerita tentang pengalaman beliau belajar di luar negri, pengalaman beliau jalan-jalan kellin dunia, dan cerita tentang kehidupan pangan rakyat indonesia saat ini yang sangat membuka mata kita lebar-lebar. (FYI: dulu dia dekan fakultas teknologi pertanian, sebelum yang sekarang)

jadi kata dosen gue , Indonesia adalah salah satu negara yang paling banyak mengkonsumsi nasi , karna makan nasi adalah hal yang diangga prestise dibanding makan ubi kayu, jagung, atau sagu entah apa dasarnya. ya konsumsi beras kita besar tapi lahan yang bisa digunakan untuk menanam padi terbatas.
alhasil kita banyak mengimport beras dari negara tetangga, karna produksi dalam negri ngak bisa mencukupi mulut masyarakat indonesia. tapikan ada daerah-daerah yang makanan pokoknya bukan nasi. iya tau tapi itu kan cuma sebagian kecil aja , kecil banget malah.

jepang aja yang dulu pemakan nasi yang cukup tinggi tapi sekarang mereka bisa merubah pola makannya, itu karna pemerintahnya tegas pemerintah jepang menerapkan harga tinggi pada beras jadi mau-ngak-mau mereka mengganti makanan pokoknya , dan sekarang mereka bisa menurunkan konsumsi berasnya.

bayangin deh kalo konsumsi beras kita terus menerus seperti ini , dan dari tahun ke tahun tigkat populasi meningkat da ketersediaan lahan berkurang, yakin kita masih bisa makan beras? jadi biasain deh makan ubikayu, jagung, atau sagu jadi saat nanti kita dilanda krisis beras kita ngak terlalu kaget.

hahaha~ jadi kebuka kan pikirannya. gue juga ngak tau harus kaya gimana, sebagai mahasiswa FTP yang baik seharusnya gue bisa menerapkan budaya itu, hehe tapi sepertinya masih susah yaaah. kalo sekarang ini sih gue cuma bisa mengurangi konsumsi nasi, ya kalo biasanya abis makan roti lanjut makan mie terus baru makan nasi.
kalo sekarang sih kalo udah makan roti yaudah maka roti aja, kalo makan mie yaudah makan mie aja. (ini alibi sebagai anak kos yang keterbatasan uang apa emang mau membatasi pola makan?) ;p

jadi , buat elo-elo anak kelas tiga yang masih galau mau masuk jurusan apa, saran gue sih you must try it. masih jarang loh orang yang mau dengan jurusan ini tapi believe deh ngak bakal rugi masuk jurusan ini. why? karna elo akan membantu sodara-sodara kita setelah kita menajadi sarjana nanti. dan elo bisa jadi pengusaha yang berarti mengurang tingkat pengangguran di negara ini!

malang,
1-oktober-2011.

2 komentar :