expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Senin, 15 November 2010

kimia dan si tangan api

kamis kemaren gue lagi praktikum kimia , tentang sifat unsur di periode-3.
dan kejadian mengenaskan itu terjadi -_______-
jadi kita bikin tiga percobaan dan dari situ kita tau gimana sifat unsur periode 3.

percobaan pertama :
cuma masukin Na,Mg,Al,sama belerang ke tabung reaksi yang udah di kasih air . 
yang ini behasil dengan baik , walaupun pas masukin Na sempet rusuh.
soalnya pas Na-nya di masukin ke air meledak gitu padahal Na-nya keciiiiil banget.
tapi menghasilkan ledakan yang lumayan besar dan berasap-asap.
terus setelah 5 menit di tetesin sama penolptyalin.
percobaan ini mengindikasikan larutan bersifat basa dan asam.

percobaan kedua:
ini sangat rusuh , dan inilah awal mula kejadian "mengenaskan" itu.
praktikum yang ini menggunakan api soalnya kita mau ambil abu dari Mg.
jadi sebelum membakar lempengan Mg , si demi mengambil pembakar (spirtus yang ditaro di tabung terus dikasih sumbu) dari kelompok lain buat nyalain ke kelompok kita.
pas mau nyamberin (haha , gue ga tau indonesia yang baiknya) apinya , entah mengapa spirtus di dalem tabung yang di pegang dika tumpah.
dan akhirnya apinya ga cuma nyamber ke pembakar tapi juga ke tangannya si dika.
gue  : ----bengong ngeliat tangan dika kebakar---
dika : ---cuma ngeliatin tangannya---
demi: ---ga bersuara---

beberapa saat kemudian. . .
gue    : dik , tangan lo ngakapapa? (dengan nada datar)
dika   : ----ngipas-ngipas tangannya biar apinya padam----
anak2 : wooo demi , lu ngapain si ampe kaga gitu !!!! dasar demidemi!! awas apiapi!!

hahaha , anak-anak malah nyorakin demi bukannya ngasi pertolongan pertama sama sikorban -,- . dan setelah apinya padam semua sibuk lagi sama praktikumnya masing-masing.
dan gue yang liat dengan jelas tangannya si dika kebakar ngerasa sedikit ngeri dan nyeri.

gue    :dik beneran tangan lo ngakpapa?
dika    :iya ngakpapa (tapi boong)
gue:    ---inisiatif nyari es batu , kebetulan labolatoriumnya deket kantin--
          mbak,minta es batu dong. (dengan tampang memelas) @_@
mbak2:buat apaan de?
gue    :itu tadi ada yang tangannya kebakar.
mbak2:jangan es batu , minyak tanah.
gue    :hah?---sekalian aja dibakar lagi,hahaha---
mbak2:minyak tanahnya ga ada. yaudah ni pake odol aja.
gue    :--masuk ke lab-- ni dik , tangan lo kasi odol.
dika    :iya ---sambil diolesin sama mega--
gue    :gimana dik rasanya?
dika    :ngak ko cuma perih sedikit.


setelah kejadian itu gue langsung mojok di belakang ngerjain laporan kimia gue -,-
dan gue masih sedikit gemeteran sampe akhir pelajaran.


percobaan ke-3:
gue udah ga ikutan mood gue udah ilang buat ngerjain percobaan ke tiga , pokonya yang jelas magnesium di bakar dan hasilnya kaya kembang api.
woooow awsomeeee :)



Tidak ada komentar :

Posting Komentar