expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Senin, 15 November 2010

kimia dan si tangan api

kamis kemaren gue lagi praktikum kimia , tentang sifat unsur di periode-3.
dan kejadian mengenaskan itu terjadi -_______-
jadi kita bikin tiga percobaan dan dari situ kita tau gimana sifat unsur periode 3.

percobaan pertama :
cuma masukin Na,Mg,Al,sama belerang ke tabung reaksi yang udah di kasih air . 
yang ini behasil dengan baik , walaupun pas masukin Na sempet rusuh.
soalnya pas Na-nya di masukin ke air meledak gitu padahal Na-nya keciiiiil banget.
tapi menghasilkan ledakan yang lumayan besar dan berasap-asap.
terus setelah 5 menit di tetesin sama penolptyalin.
percobaan ini mengindikasikan larutan bersifat basa dan asam.

percobaan kedua:
ini sangat rusuh , dan inilah awal mula kejadian "mengenaskan" itu.
praktikum yang ini menggunakan api soalnya kita mau ambil abu dari Mg.
jadi sebelum membakar lempengan Mg , si demi mengambil pembakar (spirtus yang ditaro di tabung terus dikasih sumbu) dari kelompok lain buat nyalain ke kelompok kita.
pas mau nyamberin (haha , gue ga tau indonesia yang baiknya) apinya , entah mengapa spirtus di dalem tabung yang di pegang dika tumpah.
dan akhirnya apinya ga cuma nyamber ke pembakar tapi juga ke tangannya si dika.
gue  : ----bengong ngeliat tangan dika kebakar---
dika : ---cuma ngeliatin tangannya---
demi: ---ga bersuara---

beberapa saat kemudian. . .
gue    : dik , tangan lo ngakapapa? (dengan nada datar)
dika   : ----ngipas-ngipas tangannya biar apinya padam----
anak2 : wooo demi , lu ngapain si ampe kaga gitu !!!! dasar demidemi!! awas apiapi!!

hahaha , anak-anak malah nyorakin demi bukannya ngasi pertolongan pertama sama sikorban -,- . dan setelah apinya padam semua sibuk lagi sama praktikumnya masing-masing.
dan gue yang liat dengan jelas tangannya si dika kebakar ngerasa sedikit ngeri dan nyeri.

gue    :dik beneran tangan lo ngakpapa?
dika    :iya ngakpapa (tapi boong)
gue:    ---inisiatif nyari es batu , kebetulan labolatoriumnya deket kantin--
          mbak,minta es batu dong. (dengan tampang memelas) @_@
mbak2:buat apaan de?
gue    :itu tadi ada yang tangannya kebakar.
mbak2:jangan es batu , minyak tanah.
gue    :hah?---sekalian aja dibakar lagi,hahaha---
mbak2:minyak tanahnya ga ada. yaudah ni pake odol aja.
gue    :--masuk ke lab-- ni dik , tangan lo kasi odol.
dika    :iya ---sambil diolesin sama mega--
gue    :gimana dik rasanya?
dika    :ngak ko cuma perih sedikit.


setelah kejadian itu gue langsung mojok di belakang ngerjain laporan kimia gue -,-
dan gue masih sedikit gemeteran sampe akhir pelajaran.


percobaan ke-3:
gue udah ga ikutan mood gue udah ilang buat ngerjain percobaan ke tiga , pokonya yang jelas magnesium di bakar dan hasilnya kaya kembang api.
woooow awsomeeee :)



Rabu, 03 November 2010

USAHA

entah mengapa gue suka banget pelajaran fisika hari ini
lagi ngebahas tentang energi potensial terus nambung-nyambung ke usaha.
dan ga tau kenapa gue tertarik dengan bahasan ini.
punya filosofi tersendiri aja buat gue.

guru  : masih inget ngak usaha itu apa?
anak2: --------kriiiiik------
guru  : (pasrah menjawab) ya jadi usaha itu adalah gaya dikali dengan perpindahan.
contohnya : kalo kita mencoba mendorong meja ini ke depan dan berpindah itu namanya kita telah melakukan usaha. Tapi kalo mejanya ga pindah bisa dibilang kita belum melakukan usaha. dan makanya kita diteriakin usaha dong! usaha! biar mejanya pindah.
anak2: ooooooh. *_* 

kadang-kadang fisika itu asik , tapi kita jarang menemukan ke-asik-an fisika itu.
dan sekarang gue menemukan salah satu dari ke-asik-an fisika itu.

W= F.s

ya , bener juga rumus ini. tapi kadang-kadang kita melakukan usaha sia-sia
kadang kita menyebutnya melakukan usaha melakukan pekerjaan dengan gaya yang sangat besar.
tapi ga ada perpindahan yang dilakukan alias kita diam dan stuck di tempat itu aja.
yaaa , berarti kita ga melakukan usaha apa-apa kan?
mengeluarkan banya energi tapi yang dihasilkan ga ada.
contohnya aja kaya sekarang , pulang les malem terus tapi gue ngerasa ga ada perpindahan apapun yang ada di hidup gue , alias stuck aja di tempat ga bisa jalan kemana-mana.

jadi mudah-mudahan gue bisa menerapkan rumus itu ga cuma pas ngerjain fisika aja.
tapi juga dalam keehidupan gue sesungguhnya.
mengeluarkan usaha yang besar disertai dengan perpindahan yang besar juga.
dan akhirnya bisa menghasilkan usaha yang besar pula.
dan menggapai impian gue.
amin ya robal alamin.

Selasa, 02 November 2010

2 november

ga tau kenapa hari ini kenapa banyak banget yang ulang tahun yaaa?
atau cuma perasaan gue doang?
hahaha , ya apapun itu lah!
but , i just want to say "happy bornday for everyone who born in 2nd november"

hari ini di kelas gue 12ipa3 ada dua orang yang ulang tahun.
who they are?
andree noviar pradana sama nur noviana.
teruuuuus tadi temen-teman ngasi surprise ke mereka berdua.

*ada cerita lucu ni , kan tadi kita ngasi surprise ke mereka berdua .
yang namanya surprise pasti mereka-nya ga tau kan. (hahaha , iyalah)
terus pas lagi istirahat pertama kita ngasi kuenya.
terus si andre nangis terharu gitu (serius gue kaget).
sampe matanya merah lagi , hahahaaaa.
padahal temen gue yang cewe biasa aja.
lah ini kenapa jadi yang cowo yang nangis ?
padahal dia terkenal dengan rockernya."rocker juga manusia punya rasa punya hati" 

tadi si gue di undang ke rumahnya nur noviana a.k.a upi
cuma gara-gara tadi ada acident yang membuat gue pulang ke rumah duluan.
dan pas nyampe rumah gue ketiduran dan akhirnya gagal ke rumahnya upi. -_____-

udah ah segitu aja postingnya.